Pages

Wednesday, January 13, 2010

Tips Tentang Tokek

 Tokek, hwn2 tau gak tentang tokek, nah drpada bngung mending lht gambarny dbawah or search di google be

Katony harga tokek mahal bro, tp hrs lbh dr 3 ons, kr2 knapa y, nah br dak bngung baca cara membesarkan tokek dan tips laenny tentang tokek disini...


Mungkin bagi antum skalian yang memelihara tokek, ingin agar tokek antum cepat besar. Cara agar TOKEK cepat besar bbrapa diantaranya adalah dengan memberinya makan teratur. Jenis makanan bisa berupa udang kering, jangkrik dkk. Sebagai suplemen instant(bukan mie pastiny) agar tokek antum cepat besar adalah dengan memberinya telor rebus setiap harinya (khusus mahasiswa, khususnya lagi di inderalaya gk perlu diikuti cz mahal bro drpada ngsh tokek mndng to dr sndiri). Tempatkan tokek ditempat yang sunyi dan senyap dan jauh dari lalu lalang kendaraan atau langkah kaki. Sangat tidak disarankan menyimpan tokek di dalam kotak speaker atau subwoofer mobil antum.

Kandang : usahakan terbuat dari kayu dan bahan yg bkn dari besi/ kawat/ emas dan platinum agar tokek merasa nyaman seperti dihabitatnya. Kandang terbuat dari kayu atau bambu juga membiat hemat, cz gak bakal  dcari tukang besi buruk(pemulung)
Cukup satu orang yang selalu memberi makan tokek. Jangan jadikan tokek barang tontonan bagi anak2. Selain tokek bukan topeng monyet, tokek juga gampang ke geeran  dan terkena stroke, yang mengakibatkan turunnya berat badan tokek secara drastis.

Jujur saja, ana belum pernah melakukan penangkapan tokek dengan cara santai, seperti sambil sms_an, ngopi atau baca koran. Apalagi menangkap tokek sambil chating adalah hal yang sangat tidak mungkin.

Salah satu cara termudah dan masuk akal dalam menangkap tokek adalah dengan cara memasang perangkap tikus yang diberikan umpan udang kering atau jangkrik dkk.

Tokek biasanya berada di sela-sela(bukan sela-sela depan masjid agung palembang cz dsitu tempat buku bekas), atau dibalik benda ditempat yang tersembunyi dan jauh dari cahaya lampu. Kebanyakan tokek memilih dibawah atap rumah, atau plafon. Mungkin karena merasa malu, kulitnya tidak semulus orang yang memakai krim pemutih … maka tokek kerap menyembunyikan diri.

Tokek bukan pecinta dugem apalagi POKER, namun dia berkeliaran dan fit pada malam hari. Jadi usahakan agar antum memasang perangkap pada siang hari, dimana kondisi sang tokek(bukan sang pengembara) sedang fly sehabis begadang dimalam harinya.


Setelah tokek masuk dalam perangkap (gunakan perangkap tikus yang agak lebar), pindahkan sang gecko kedalam (bila ada dan dapat dicari) wadah bambu yang di potong salah satu ruasnya. Jangan lupa berikan lubang dibadan bambu agar tokek tidak nyap-nyap mencari oksigen dan meminta nafas buatan dari antum (jangan sampai terjadi ya cz zina bro). Lebih bagus lagi apabila antum mau berbaik hati memberikan si tokek sebuah permadani berupa daun pisang sebagai alas tidurnya. Tokek akan merasa nyaman ditempat yang gelap dan sempit.

Sangat tidak disarankan menangkap tokek dengan tangan, walaupun antum mahir dalam hal tangkap menangkap, terkecuali bila antum memang sudah expert dan master of degree dalam bidang menangkap tokek. Tokek akan melawan ketika antum menangkapnya, antum pun pasti akan memperkuat genggaman antum. Disinilah kelemahannya, tokek akan sakit dan mengalami “diare” saat tubuhnya antum pegang dengan erat. Bila telah mengalami diare, berat tokek akan drastis berkurang, dan secara otomatis, penghasilan antum akan berkurang juga. Karena tokek di hargai berdasarkan beratnya, bukan berdasarkan hasil ujian atau nilai rapor nya apalgi IPK.

Terus terang, ana juga belum pernah langsung menangkap tokek pakai tangan… hiie.. geliiii.



Jual beli tokek dan kendalanya. Salah satunya adalah berat badan tokek yang menyusut ketika sampai di timbangan. Hal itu disebabkan karena si tokek stress saat penangkapan atau terpencit tangan. Stress bisa membuat tokek terkena DiareMania .. hehe ..

Hal ini kadang menjadi perdebatan antara pembeli dan penjual. Apalagi penjual merasa yakin dengan berat tokek saat di timbangnya dirumah, lalu berubah saat ditimbang ulang memakai timbangan digital(maklum penjual nimbangya pake dacing).

Hal yang patut di perhatikan saat dan setelah menangkap tokek :

* Jangan menangkap tokek langsung dengan tangan seperti kita menangkap kucing atau ayam , karena bila badan tokek terpencet, doi bakal stress dan langsung ciut berat badannya.
* Simpan Tokek di dalam wadah yang lega namun gelap, berikan makanan, seperti udang kering, jangkrik dkk. Tidak di sarankan memberi tokek sepiring pizza.
* Biarkan tokek beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tidak perlu melengkapi kandang tokek dengan home theater atau tv wide screen apalagi laptop dengan aplikasi PES.
* Jangan mengguncang wadah / kandang tokek, apalagi mengajak tokek bermain kuda lumping.

Semoga tokek antum tetap gemuk dan terhindar dari stress.


TOKEK DICARI DAN DI JUAL??????
Ya! Antum tidak salah. Tokek yang dimaksud tidak mempunyai ciri tertentu, alias sembarang tokek bisa. Yang terpenting beratnya tidak kurang dari 3 ons. Lebih berat, semakin bagus dan semakin mahal harganya!


Mengapa harus minimal 3 ons? Karena oh karena berjudi itu haram .. Karena, bila berat tokek dibawah 3 ons, boleh dikatakan tokek tersebut masih balita dan belum siap untuk di jual (Kasian kan, masih balita sudah dijual busa2 kena UU perlundungan anak  hehehe… kidding ;)

Tokek yang beratnya dibawah 3 ons, usianya masih sangat muda (belum baligh), dan ‘zat’ yang diambil dari dalam tubuhnya pun belum mencapai kadar kepekatan yang tinggi untuk di jadikan obat asma dan obat-obat yang lainnya ;) ..

Kenapa tokek saat ini menjadi buruan yang menyenangkan? Ya karena tokek itu termasuk binatang langka dan harga jualnya lebih mahal dari ikan cupang(tempalo), tokek mungkin hanya ada satu dua saja di kota-kota besar. Jangan harap mencari tokek di apartemen atau didalam mall. Kecuali bila antum nekat mengobok-obok gudang apartemen atau mall dan berkolaborasi dengan security disana untuk menangkapnya hehe … itu pun belon tentu ada sang tokeknya...(eh di unsri inderalaya banyak lho teritama di FT)

Eiits.... Jangan Pergi, Baca Dulu yang Ini Bro



7 comments:

Anonymous said...

wqak dmn nak jual tokek lo di bumi sriwijaya ni(sumsel)
juk tau aQ E
Bs ke azhies_bmc@yahoo.co.id

Anonymous said...

sila add email saya. Dvj17@hotmail.com

Anonymous said...

nyimak aja

http://istimewa.mywapblog.com

ainur said...

Di rumah saya banyak tokek tapi gak ada yg berani nangkap karena ada mitos, kalau kena tokek di tubuh kita, doi gak bakalan pergi sebelum ada halilintar.

PT. ANDALANA SAMUDRA said...

Dibeli Tokek Rumah bintik2 merah & ekor tikus panjang minimal 43.5 cm keatas & berat 350 Gram dengan harga mahal semakin besar semakin fantastic harganya yang saya tawar kan kepd pemilik Tokek. Diutamakan dari Daerah Jabodetabek bisa segera disurvey & ditransaksi kan langsung tanpa ribet. Jika Bapak / Ibu memiliki tokek yang saya cari silahkan kontak saya di 081381947556 & 087770364436 ( WA) ,dan PIN BBM 2AE2FBF8 terimakasih salam sukses selalu buat Semuanya dari saya, Boyke

PT. ANDALANA SAMUDRA said...

Dibeli Tokek Rumah bintik2 merah & ekor tikus panjang minimal 43.5 cm keatas & berat 350 Gram dengan harga mahal semakin besar semakin fantastic harganya yang saya tawar kan kepd pemilik Tokek. Diutamakan dari Daerah Jabodetabek bisa segera disurvey & ditransaksi kan langsung tanpa ribet. Jika Bapak / Ibu memiliki tokek yang saya cari silahkan kontak saya di 081381947556 & 087770364436 ( WA) ,dan PIN BBM 2AE2FBF8 terimakasih salam sukses selalu buat Semuanya dari saya, Boyke

FU said...

Jevret blogspot.co.id

Post a Comment

 
Source » http://http://www.facebook.com/andiahmadminer#ixzz1jjWKn4LM

Followers