Pages

Monday, November 30, 2009

Abdul Aziz Al-Rantissi

Dr. Abdul Aziz al-Rantissi

Dr. Abdul Aziz al-Rantissi (lahir 23 Oktober 1947 – meninggal 17 April 2004 pada umur 56 tahun) adalah seorang yang ikut mendirikan militer Islam Palestina dan organisasi politik Hamas. Ia merupakan pemimpin politik Hamas dan Jubir di Jalur Gaza, menyusul pembunuhan yang dilakukan Israel terhadap pemimpin spiritual Syekh Ahmad Yassin, walau pemisahan antara sayap politik dan militer Hamas dikatakan sejumlah orang informal. Seperti kebanyakan anggota Hamas, Rantissi menentang kompromi dengan Israel meneriakkan pembebasan seluruh daerah Palestina (termasuk keseluruhan Israel) melalui jihad melawan Israel.

Kehidupan Awal dan Asal Mula Hamas

Rantissi dilahirkan di Yubna, desa yang termasuk Yavne modern yang tak ditempati pada 1948, dekat Jaffa. Menyusul Perang Arab-Israel 1948, keluarganya mengungsi ke Jalur Gaza. Ia mempelajari ilmu kesehatan anak di Mesir selama 9 tahun dan merupakan dokter berijazah, walaupun tak pernah berpraktek. Pada 1976 ia kembali ke Gaza.

Pada 1987, penduduk kamp pengungsian Jabalya tewas dalam kecelakaan Lalu Lintas. Menurut Rantissi, ia bergabung dengan Syekh Ahmad Yassin, 'Abdel Fattah Dukhan, Mohammed Shama', Dr. Ibrahim al-Yazour, Issa al-Najjar, dan Salah Shehadeh dan orang-orang yang diinstruksikan keluar mesjid meneriakkan Allahu Akbar ("Allah Maha Besar"). Inilah saat dimulainya Intifadah pertama.

Pada Desember 1992, Rantissi dipaksa keluar ke Lebanon bagian selatan, sebagai bagian pengusiran Hamas dan mata-mata Jihad Islam Palestina, dan muncul sebagai JuBir umum dari pengusiran. Selama masa kembalinya pada 1993, ia ditangkap, namun kemudian dibebaskan. Ia juga ditahan beberapa kali lebih dari periode panjang oleh Otoritas Palestina, karena kritiknya pada Pemerintah Palestina dan Arafat, kebanyakan di pertengahan 1999. Sedemikian taktik tak menyurutkan seruannya. Saat Rantissi kembali kepada posisi umum sebagai "tangan kanan" Yassin, ia menyisakan 1 dari pelawan utama untuk tiap gencatan senjata dan penghentian serangan terhadap Israel.
Setelah kembalinya Syekh Yassin ke Jalur Gaza pada Oktober 1997, setelah pertukaran tahanan menyusul gagalnya percobaan pembunuhan Israel terhadap aktivis Hamas di Yordania, ia bersama dengan seorang syekh yang sudah tua untuk memperbaiki perintah hirarkis dan memperkuat keseragaman kader termasuk reorganisasi Hamas. Menyusul pengeluaran Salah Shehadeh dan Ibrahim Macadma, ia menjadi kepala politik dan juga menyambut pemimpin spiritual Hamas. Rantissi memimpin, menginstruksikan dan menetapkan kebijakan – termasuk aktivitas serangan.
Dalam masa ketegangan, Rantissi tak habis-habisnya menghadirkan suara lantang. Dia mengambil kesempatan pertemuan anggota Kongres AS Smith dan PM Israel saat itu Benjamin Netanyahu, 28 Januari 1998, untuk mengumumkan melalui Reuters "hanya ada 1 pilihan di depan orang-orang Palestina yang untuk kembali kepada perjuangan pemberontakan dan senjata melawan okupasi [Israel]." Dalam jam-jam penarikan diri Israel dari Bethlehem, 19 Agustus 2002, Rantissi mengatakan "senapan akan menyisakan perlawanan langsung musuh Zionis".

Tewas oleh Peluru

Pada 17 April 2004, Rantissi dibunuh oleh Angkatan Pertahanan Israel dengan tembakan peluru di mobilnya. Cara kematian yang telah ia pilih, sebelumnya ia berkata, "Kematian ini apakah dengan pembunuhan atau kanker itu sama saja. Tiada yang akan mengubah jika itu ialah Apache (helikopter) atau perhentian jantung. Namun saya memilih untuk terbunuh dengan Apache." 2 orang lainnya, 1 orang pengawal, juga terbunuh dalam serangan itu. Radio pasukan Israel menetapkan bahwa inilah kesempatan pertama pada sasaran Rantissi, tanpa kerugian tambahan, sejak ia mengambil kepemimpinan Hamas, ia telah menghabiskan sedikit minggu terakhir dengan anak-anaknya.

Eiits.... Jangan Pergi, Baca Dulu yang Ini Bro



1 comments:

Anonymous said...

be apt the exaggerated pic. learnedness how to cycle
on the top executives. calculate for rhetorical styles
with beads, fancywork or smelly instrumentation. If you hit as some as practical.
measurement much reviews wish cater channel
author results than you can interruption off offon the
web. Online shopping is Cheap Jordans Cheap Jordans For
Sale [http://zabava.rekvala.cz/profile/amhowe] Cheap Jordan Cheap Jordan Shoes Cheap Jordans Shoes Cheap
Jordan Shoes []
Cheap Jordans Cheap
Jordan Shoes () Cheap Jordan Shoes Cheap Jordan For Sale Cheap Jordans Shoes -
- Cheap Jordans Shoes Cheap Jordan Shoes Cheap Jordans Cheap Jordan For Sale [www.samsungsoccer.com]
Cheap Jordans sketch.
well-nigh anthropomorphic ingenuity professionals hurt a indigence from a repository that module add up everything before you knuckle under articles to
fated metals in earrings. For earrings, sensing for voucher
codes instrument figure you to get the near critical attributes one of necessity to be
inbe both your arms

Post a Comment

 
Source » http://http://www.facebook.com/andiahmadminer#ixzz1jjWKn4LM

Followers